Pengertian Stroke

articlepicKemajuan peradaban manusia sudah semakin berkembang pesat di segala bidang kehidupan. Ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Kesibukan yang luar biasa terutama di kota besar membuat manusia terkadang lalai terhadap kesehatan tubuhnya. Pola makan tidak teratur, kurang olahraga, jam kerja berlebihan serta konsumsi makanan cepat saji sudah menjadi kebiasaan lazim yang berpotensi menimbulkan serangan stroke.

Gangguan pembuluh darah otak (GPDO) masih penyebab kematian ketiga, sesudah penyakit jantung dan kanker. Di negara maju, meskipun angka kematian dari GDOP akhir-akhir ini cenderung menurun oleh karena pencegahan terhadap penyakit ini telah dilakukan sebaik mungkin. Di negara berkembang kemajuan ekonomi serta ilmu pengetahuan dan teknologi telah memperpanjang usia.

Di samping itu, perbaikan metoda penanganan penderita GPDO yang akut, telah menekan angka kematian penderita, akibat dari semua ini dapat diramalkan bahwa jumlah penderita yang mempunyai gejala sisa akibat GPDO akan meningkat.

Pada kondisi Gangguan Pembuluh Darah Otak atau Stroke, problem yang sering timbul oleh pasien biasanya :

1.       Adanya kelemahan otot pada bagian anggota gerak tubuh yang terkena
2.       Adanya gangguan keseimbangan
3.       Adanya gangguan postur
4.       Adanya gangguan pernafasan
5.       Adanya atropi.
6. 
    Adanya gangguan kemampuan fungsional

Beberapa definisi tentang stroke secara teoritis dari beberapa literatur dapat digambarkan sebagai berikut antara lain:

Stroke adalah gangguan fungsi saraf yang disebabkan oleh gangguan aliran darah dalam otak yang dapat timbul secara mendadak dalam beberapa detik atau secara cepat dalam beberapa jam dengan gejala atau tanda-tanda sesuai dengan daerah yang terganggu.

Definisi menurut WHO: stroke adalah terjadinya gangguan fungsional otak fokal maupun global secara mendadak dan akut yang berlangsung lebih dari 24 jam akibat gangguan aliran darah otak. 

Menurut Neil F Gordon:  stroke adalah gangguan potensial yang fatal pada suplai darah bagian otak. Tidak ada satupun bagian tubuh manusia yang dapat bertahan bila terdapat gangguan suplai darah dalam waktu relatif lama sebab darah sangat dibutuhkan dalam kehidupan terutama oksigen pengangkut bahan makanan yang dibutuhkan pada otak dan otak dalah pusat control system tubuh termasuk perintah dari semua gerakan fisik.                 

Dengan kata lain stroke merupakan manifestasi keadaan pembuluh darah cerebral yang tidak sehat sehingga bisa disebut juga “cerebral arterial disease” atau “cerebrovascular disease”. Cedera dapat disebabkan oleh sumbatan bekuan darah, penyempitan pembuluh darah, sumbatan dan penyempitan atau pecahnya pembuluh darah, semua ini menyebabkan kurangnya pasokan darah yang memadai.   

            Stroke seringkali terjadi pada orang-orang golongan usia diatas 50 tahun, tetapi mungkin saja terjadi juga pada usia muda yang sering kali disebabkan karena adanya kelainan jantung yang mengakibatkan timbulnya embolisasi.

            Dalam pandangan penulis, stroke merupakan kumpulan gejala-gejala berupa gangguan sensorik dan motorik yang terjadi akibat adanya gangguan atau kerusakan sirkulasi darah di otak. Maka kategori stroke bukanlah sebagai penyakit akan tetapi sebagai sindroma (kumpulan gejala). Justru penyebab stroke dapat dari berbagai penyakit seperti Hipertensi, Diabetes Mellitus, dll.

 

11 Komentar »

  1. ama kyuujung said

    terima kasih atas artikelnya, saya jadi terbantu dalam mengerjakan tugas :D

  2. infostroke said

    terimakasih kembali atas kunjungan anda

  3. yuli said

    tx artikelnya,sangat berguna dalam penyusunan TA saya

  4. infostroke said

    Terimakasih. Kami juga berharap dapat share pengetahuan. Semoga tugas akhir anda selesai dengan sukses. Trmksh

  5. supriyadi marsan said

    PROBLEM IPS/INSAN PASCA STROKE
    Secara garis besar dalam kasus stroke terjadi 6 masalah yang sama dialami oleh seluruh IPS yaitu:

    1.Kelumpuhan dan rasa berat pada tangan dan kaki yang terkena serangan.

    2.Rasa kaku pada persendian tangan dan kaki yang mulai dirasakan pada usia 3 bulan pasca stroke dan akan terus bertambah kekakuan itu.

    3.Lemah pada kaki dan tangan akibat kehilangan jaringan otot dan daging karena tidak bergerak lagi secara normal.

    4.Terjadi pemendekan pada arteri dan vena serta kehilangan jaringan daging sehingga bagian yang kena akan terjadi penyusutan daging serta pergelangan kaki membengkok serta jari tangan pula mengalami hal yang sama.Secara garis besar 1 sampai 4 ini adalah problem cardioviscular.

    5.Problem sistem pencernaan yang tidak disadari oleh pasien namun sangat dirasakan pada kebugaran fisik yang terganggu.

    6.Faktor psikologis pasien akan sedikit terguncang.

    Bila dalam satu langkah semua problem itu dapat diatasi secara menyeluruh insya ALLAH wa bi IZDNILLAH maksimal dalam 7x terapi,anda dapat mengikuti terapi pemulihan fisio arteri ini tanpa obat.Namun sejak sekali mengikuti sekali terapi problem yang dirasakan akan sudah berkurang hingga minimal 30%.Dan sejak sekali terapi proses degeneratif(menurunnya kemampuan kinerja tubuh/rusaknya jaringan dan sistem) akan langsung berganti dengan proses regeneratif atau perbaikan jaringan dan sistem fakultas serta meningkatnya kemampuan dan kinerja organ tubuh.

    Biasanya setelah 3x terapi pasien sudah dapat melatih sendiri dalam usaha mengembalikan kembali jaringan dan otot yang hilang tersebut.

    Bila sistem pencernaan telah bekerja dengan baik dalam mencerna makanan yang akan diolah menjadi darah dan bila sistem cardioviscular(jaringan sirkulasi darah) telah terbuka semua maka pasien akan kembali sehat dan bugar kembali.

    Nantinya saya akan menangani 5 bagian yaitu nomor 1,2,4,5 dan 6 sedangkan pasien bagian nomor 3 yaitu akan melakukan latihan pembentukan jaringan otot yang hilang.

    Yadi 93292321/68769609 semoga bermanfaat.

  6. apit mustofa kamal said

    ka’ kapan kaka posting ttng pengertian stroke truz syapa penulisnya

  7. sekar said

    klw hub. stroke dgan stress appah ka..???

  8. infostroke said

    @Sekar : Memiliki persamaan dan perbedaan : Stroke lebih ke fungsi otak sedangkan stress lebih ke fungsi psikologis. gangguan keduanya bisa terjadi oleh krn ada kerusakan di otak (area kognisi). Stroke bisa mengakibatkan stress atau sebaliknya stress bisa mengakibatkan stroke. tmks

  9. yosephvera said

    nice post

  10. delon novianto said

    bagus artikelnya ,,membantu sekali dalam pekerjaan saya sebagai agen asurannsi pentingnya mengetahui stroke dari awal

  11. [...] WHO, “Stroke Study Club”, http://infostroke.wordpress.com/pengertian-stroke/, diunduh tanggal 15 April [...]

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 29 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: