Faktor-faktor stroke

Secara garis besar, stroke dibagi menjadi dua golongan, yaitu stroke perdarahan (perdarahan intra-serebral/PIS dan sub-arakhnoid/PSA) dan stroke non-perdarahan. Stroke perdarahan maupun non-perdarahan disebabkan oleh faktor-faktor yang berbeda-beda. Gejala stroke non­perdarahan didahului dengan menumpuknya lemak pada dinding pembuluh darah sehingga dinding pembuluh darah mudah pecah (atherosclerosis), terjadinya pembekuan darah dan

Berikut faktor-faktor yang dapat menyebabkan stroke perdarahan.

§ Tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan pembuluh darah pecah

§ Terjadinya pelebaran pada pembuluh darah yang me­nyebabkan pembuluh darah pecah.

§ Ateroma, yaitu pembuluh darah menjadi keras dan akan pecah jika tekanan darah naik.

§ Terjadinya tumor pada pembuluh darah.

Stroke non-perdarahan dapat disebabkan oleh faktor-­faktor sebagai berikut :

§ Menumpuknya lemak pada pembuluh darah yang me­nyebabkan mudah terjadinya pembekuan darah (atero­trombotik).

§ Benda asing dalam pembuluh darah jantung (kardio­emboli).

§ Terjadinya lubang pada pembuluh darah sehingga darah bocor yang mengakibatkan aliran darah ke otak berku­rang (lakunar).

§ Penyebab lain yang menyebabkan hipotensi.

Stroke non-perdarahan dibedakan menjadi beberapa kelompok

§ Transient ischemic attack/TIA

Pada kelompok ni, terjadi serangan stroke sementara yang menyerang kurang dari 24 jam.

§ Reversible ischemic neurologic deficit

Pada kelompok ni timbul gejala neurologis. Gejala ini akan hilang antara satu hari sampai 21 hari.

§ Progressing stroke/stroke in evolution

Pada kelompok ini timbul kelainan defisit neurologis. Gejala ini berlangsung secara bertahap dari yang ringan menjadi berat.

§ Stroke komplit/completed stroke

Pada kelompok ini, kelainan neurologis sudah menetap dan tidak bertambah berat.

Stroke perdarahan dan non-perdarahan dapat terjadi akibat penyakit jantung, infeksi, trauma, neoplasma, pertumbuhan vaskular yang tidak sempurna (malformation), dan gangguan immunologi.

Serangan stroke dapat menimbulkan cacat fisik yang permanen. Namun, cacat fisik tersebut tergantung dari berat-ringannya serangan dan di lokasi terjadi kerusakan otak. Cacat fisik dapat mengakibatkan seseorang kurang produktif.

Saat ini, stroke tidak hanya terjadi pada usia lanjut, tetapi juga menyerang usia-usia produktif. Kemajuan di bidang kesehatan menunjukkan bahwa serangan stroke dapat diselamatkan sehingga penderita stroke masih bisa bertahan hidup. Namun, stroke masih menempati urutan ketiga sebagai pembunuh setelah serangan jantung dan kanker. Perkembangan teknologi saat ini sangat berpengaruh pada perubahan pola hidup dan pola makan yang cenderung mendekati faktor risiko terjadinya serangan stroke.

by. Irfan

4 Komentar »

  1. Dewi said

    Trauma adalah kata yang tepat pada saat ini, saya mengalami guncangan batin yang luar biasa, Keluarga saya hampir semua meninggal karena mendapatkan stroke dan mengalami pecah pembuluh dan sekarang 25 hari setelah kepergian ibu saya, kakak ipar saya laki-laki mengalami stroke, tidak sadarkan diri kemudian di operasi dan sekarang koma juga.

  2. infostroke said

    @Dewi : ” Saya turut prihatin dengan beberapa keluarga anda mengalami stroke dan saya bisa mengerti mengapa anda sedemikian terguncang. Tetapi anda tidak harus terus larut dalam keadaan tersebut. Mulailah dari diri anda untuk melakukan hal-hal positif melawan stroke dengan mencegahnya…!
    Untuk hal sederhana lakukan olah raga rutin minimal 30 menit setiap hari. Tidur cukup dengan mencoba untuk membentuk pola tidur yang baik. (pkl 10 mlm – 5 pagi), untuk membentuk pola tidur tersebut perlu kemauan dan latihan sampai akhirnya menjadi kebiasaan. Serta mengendalikan konsumsi karbo yang berlebih… Lakukan dengan sungguh-sungguh.. minimal 6 bulan kedepan anda akan merasakan manfaatnya dan akan mengajak anggota keluarga lain untuk melakukannya.

  3. Apakah stroke ada obatnya

  4. infostroke said

    Untuk gangguan pembuluh darahnya atau faktor pemicunya seperti hipertensi dll itu ada obatnya. tetapi untuk kemampuan geraknya harus dengan latihan dengan metode tertentu. tmksh

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: