Gravitasi pada gerak

Pada aktifitas gerak, maka tonus otot postural akan sangat menentukan efektifitas dan efesiensi gerak yang akan dihasilkan. Beberapa hal yang berhubungan dengan tonus otot postural dapat digambarkan sebagai berikut :Dari gambar diatas dapat menjelaskan bahwa tonus postural dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi, Centre of Gravity (COG), Ground Reaction Force (GRF) dan Base of Support (BOS).
Gaya gravitasi dan GRF merupakan kekuatan eksternal (eksternal force) yang memberikan tekanan terus-menerus kepada tubuh. Besar tekanan gravitasi sama dengan besar tekanan Ground Reaction Force (GRF). Kedua tekanan tersebut memberikan informasi sehingga tubuh dapat melakukan prediksi untuk menjaga keseimbangan berupa penyesuaian pada BOS dan COG agar dapat tetap seimbang. Sehingga kemampuan tubuh untuk tetap tegap merupakan reaksi dari otot postural yang melawan gaya gravitasi dan GRF.Dari gambar  menunjukkan bahwa perubahan posisi tubuh akan diikuti oleh perubahan letak COG yang memungkinkan tubuh tetap seimbang.
cog
Sedemikian pentingnya tonus otot postural yang adekuat dalam memberikan stabilisasi untuk menghasilkan gerakan, maka salah satu fokus utama dalam intervensi ini adalah meningkatkan aktifasi dari otot-otot postural tersebut, dengan beberapa bentuk latihan yang kita sebut sebagai core stability exercise.

Pada insan stroke, posisi COG menjadi lebih rendah dari pada posisi yang seharusnya, sehingga setiap gerak yang hendak dilakukan menjadi lebih sulit. Hal ini dapat dibuktikan dengan observasi dimana pada insan stroke postur cenderung menjadi membungkuk, sendi panggul menekuk yang akhirnya memposisikan COG lebih rendah.

Dibutuhkan kemampuan memberikan bentuk latihan yang mengaktifkan otot-otot anti gravitasi sehingga posisi COG lebih tinggi dan gerakan menjadi lebih mudah dilakukan.

by. Irfan

%d blogger menyukai ini: