Jenis Stroke

Stroke dapat dikategorikan dalam beberapa jenis, antara lain :

 n Stroke Iskemik           

            Hampir 85 % stroke disebabkan oleh: sumbatan oleh bekuan darh, penyempitan sebuah arteri atau beberapa arteri yang mengarah ke otak, atau  embolus (kotoran)  yang terlepas dari jantung  atau arteri ekstrakranial (arteri yang berada di luar tengkorak) yang  menyebabkan sumbatan disatu atau beberapa arteri intrakrani. (arteri yang berada di dalam tengkorak). Ini disebut sebagai infark otak atau stroke iskemik. Pada orang berusia lanjut lebih dari 65 tahun, penyumbatan atau penyempitan dapat disebabkan oleh aterosklerosis  (mengerasnya arteri).
stroke-ischemic3

 

Hal inilah yang terjadi pada hampir dua pertiga pasien stroke iskemik. Emboli cenderung terjadi pada orang yang mengidap penyakit jantung (misalnya denyut jantung cepat tidak teratur, penyakit katup jantung dan sebagainya) secara rata-rata seperempat dari stroke iskemik disebabkan oleh emboli,

biasanya dari jantung  (stroke kardioembolik) bekuan darah dari jantung  umumnya terbentuk akibat denyut jantung yang tidak teratur (misalnya fibrilasi atrium), kelainan katup jantung  (termasuk katup buatan dan kerusakan katup akibat penyakit rematik jantung), infeksi di dalam jantung (dikenal sebagai endokarditis) dan pembedahan jantung.

Penyebab lain seperti gangguan darah, peradangan dan infeksi merupakan penyebab sekitar 5-10 % kasus stroke iskemik, dan menjadi penyebab tersering pada orang berusia muda. Namun penyebab pasti dari sebagian stroke iskemik tetap tidak diketahui meskipun telah dilakukan pemeriksaan yang mendalam.

n Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik disebabkan oleh perdarahan ke dalam jaringan otak  (disebut hemoragia intraserebrum atau hematom intraserebrum) atau kedalam ruang subaraknoid yaitu ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak     (disebut hemoragia subaraknoid). Ini adalah jenis   stroke  yang paling mematikan, tetapi relatif hanya menyusun sebagian kecil dari stroke  total: 10-15% untuk perdarahan intraserebrum dan 5% untuk perdarahan subaraknoid.
hemoragic2Perdarahan dari sebuah arteri  intrakranium biasanya disebabkan oleh aneurisma (arteri yang melebar) yang pecah atau karena suatu penyakit.

 

Penyakit yang menyebabkan dinding arteri menipis dan rapuh adalah penyebab tersering  perdarahan intraserebrum. Penyakit semacam ini adalah hipertensi atau angiopati amiloid (dimana terjadi pengendapan protein di dinding arteri-arteri kecil di otak).  Jika sesorang mengalami perdarahan intraserebrum, darah dipaksa masuk ke dalam jaringan otak, merusak neuron sehingga bagian otak yang terkena tidak dapat berfungsi dengan baik.

Pecahnya sebuah aneurisma merupakan penyebab  tersering perdarahan subaraknoid. Pada perdarahan subaraknoid, darah didorong keruang subaraknoid yang mengelilingi otak. Jaringan otak pada awalnya tidak terpengaruh, tetapi pada tahap selanjutnya dapat teganggu.

 

 

14 Komentar »

  1. papa saya mengalami salah satu struk,yang dikarenakan pergantian klep jantung,lalu saat ini mengalami struk sebelah kanan..apakah bisa sembuh normal atau tidak?Umur 64th

  2. infostroke said

    Untuk sdr. Elias… stroke yang dialami oleh ayah anda dengan latar belakang riwayat tersebut kemungkinan karena adanya emboli atau bekuan darah dari jantung yang menyumbat pembuluh darah otak sisi kiri sehingga kelumpuhan pada sisi kanan. emungkinan pulih pada kondisi ini sangat besar… maksudnya adalah kemungkinan untuk dapat beraktivitas mandiri seperti berjalan dengan baik, memegang dengan baik, dll cukup besar… berdasarkan pengalaman pada klinik kami. kondisi karena emboli berpeluang cukup baik.. sekian. semoga ayah anda lekas sembuh.

  3. ash_003 said

    jenis stroke iskemik terbagi atas 3 jenis.
    1.Stroke Trombotik
    2.Stroke Embolik
    3.Hipoperfusion Sistemik
    bgtu jga dengan stroke hemoragik yang mempunyai 2 jenis
    1.Hemoragik Intraserebral
    2.Hemoragik Subaraknoid
    apakah jenis2 stroke tersebut mempunyai gejala yang berbeda?
    kalo memang beda. apa saya bisa tau masing-masing gejala dari jenis stroke di atas.?

  4. infostroke said

    Secara langsung gejala gangguan senso motorik bukan karena jenis strokenya, tetapi pada area dimana gangguan tersebut terjadi. Walaupun demikian, tentunya secara umum pada area tertentu sering mengalami jenis stroke tertentu. Yang dapat saya share adalah adanya gangguan mengakibatkan terjadinya defisit neurologis. Akibat lanjut dari penurunan fungsi neurologis tersebut adalah penurunan tonus postural yang berdampak langsung terhadap abnormal kualitas geraknya. Hal ini yang banyak tidak disadari, gangguan gerak pada tangan dan tungkai sangat dipengaruhi oleh tidak aktifnya otot-otot stabilisator pada postur sebagai landasan gerak. Karena secara fisiologis gerak pada ekstremitas (anggota gerak) sesungguhnya terjadi setelah aktifnya otot postural. (kurang lebih 70 sampai 80 ms) dan pola fisiologis tersebut tidak terjadi. Ditambah orientasi penanganan justru dilakukan pada tangan dan kaki yang mengalami kelumpuhan.
    Untuk sementara itu yang dapat saya jelaskan. terimakasih.

  5. prabu said

    siang mas,,
    papah saya kena stroke diakibatkan karena denyut jantung tidak stabil.sehingga menyebabkan lumpuh bagian tubuh sebelah kiri,smpe mulut sehingga bicara tidak terlalu jelas.tp sekarang sudah bisa berjalan walaupun blm lancar dan menggerakan tangan.utk tangan kadang sering kaku.yang paling mmbuat saya kasian adalah tiap malam susah utk tidur.gelisah, bahkan sering tidak tidur,,kadang pegal2.
    kira2 utk mempercepat proses penyembuhan harus seperti apa?dan gimana utk bisa beristirahat?apakah penggunaan obat tidur tidak apa2?terimakasih

  6. infostroke said

    @prabu.. saya berharap papa anda segera dapat pulih. mengenai kesulitan tidur adalah hal yang memang sering dialami oleh insan stroke. Karena kelemahan otot pada suatu area akan dikompensasi oleh kerja otot lainnya sehingga otot tersebut menjadi spasm atau lelah dan menimbulkan rasa pegal-pegal oleh penimbunan asam laktat di otot. Hal lain adalah adanya gangguan metabolisme akibat kurang gerak dan tentu saja juga dipengaruhi oleh faktor stress.

    Solusi :
    Program :
    Lakukan beberapa latihan / aktivitas gerak yang teratur yang dapat dilakukan oleh papa anda. Misal, berjalan di sore hari, mengayuh sepeda statis atau apa saja asal papa anda melakukan aktivitas tersebut minimal 30 menit. Setiap program latihan tersebut diselingi dengan istirahat. Ingat ..hindari adanya gejala lelah.
    Jika aktivitas tersebut dilakukan 30 sampai 45 menit, dengan indikator mungkin terasa ada keringat, maka diharapkan dapat memperbaiki sistem metabolisme.
    Jika latihan dilakukan kurang dari 30 menit maka aktivitas tersebut tidak akan berdampak apa-apa karena hanya bersifat kegiatan atau aktivitas biasa.

    Perhatikan :
    1. Sebelum latihan perhatikan Kondisi umum papa anda. Tidak merasa pusing, tidak ada keluhan nyeri, dan memungkinkan melakukan aktivitas fisik yang sesuai tersebut.
    2. Program harus dijalankan dengan serius dan memahami tujuan latihan yang dilakukan.
    3. Perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan saat menjalankan program.

    Persiapan Tidur.
    Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, maka tidur juga memerlukan persiapan antara lain :
    Tetapkan waktu tidur, misalnya pkl. 9.00 malam. Karena tidur juga memiliki pola, maka perlu proses penyesuaian terus menerus sampai menjadi suatu kebiasaan. artinya walaupun mungkin belum mengantuk, maka biasakan untuk melakukan aktivitas ini ( setiap jam 9 malam papa anda telah berada di tempat tidur, lampu di redupkan, posisi bantal di buat senyaman mungkin). Dengan kebiasaan tersebut akan sangat membantu terbentuknya pola tidur yang baik. Dengan pola tidur yang baik, proses detoksifikasi (pengeluaran racun) terjadi dengan baik pula.

    Pada awal menjalankan program mungkin dampaknya terhadap rasa pegal dan kualitas tidur papah anda belum terlihat. Akan tetapi program tetap di jalankan sampai minimal tiga minggu, semoga setelah itu anda dapat melihat papah anda lebih segar dengan tidak merasa pegal-pegal lagi dan anda dapat melihat papah anda tidur dengan lelap.

    INGAT : Jalankan program (latihan fisik dan pola tidur) secara bersamaan. Dan usahakan tidak ada yang kurang selama tiga minggu.
    Selama menjalankan program.. jangan menggunakan obat tidur terlebih dahulu.

    Kami tunggu komentar hasil program yang dilakukan. terimakasih.

  7. Jonnie said

    Papa sy sekarang lg koma,
    Sebelumnya diperiksa dokter umum Kep. RIAU dengan tes darah katanya papa sy diabetes,
    Dan dikaseh obat RENABETIC GLIBENCLAMIDE 5mg Setelah Makan 2 kali langsung tidak sadarkan diri.
    Padahal setengah bulan yg lalu , dia sempat diperiksa ginjal diGlean eagles Penang
    Kondisi ginjal 300 dan tidak ada gejala diabetes.

    Sekarang masuk ICU di PANTAI AYER ,MElaka.
    dari rs ICU mengatakan ternyata STroke MOTORIK
    Dan sudah 7hari tidak sadar diri, sedikit bergerak kaki dan mulut ,
    Sekali- kali munguap, batuk, buka mata pandangan kosong 1 mnt,
    Sudah melakukan cuci darah 2 kali.
    Pertanyaan sy , apakah bisa sembuh?jika sembuh akan normal kembali?
    Atau mungkin obat tersebut yg menyebabkan papa sy pingsan tidak sadarkan diri.?
    Terima kasih atas jawabannya

  8. Priono said

    istri saya baru terkena pendarahan otak kira2 5 hari yg lalu, kata dokter jenis stroke ini paling banyak dialami wanita dan prosentasenya kira2 5% serta penyebab angka kamtisnya tinggi.
    Dari hasil foto MRI MRA genangannya didasar otak, saat ini diberi obat utk menyerap darah tsb dan katanya penyerapan ini msh memungkinkan melihat pendarahan yg blm begitu besar.
    Apakah istri saya terkena atroke jenis subaraknoid?
    Terima kasih banyak

  9. infostroke said

    Yth. Untuk mengetahui diagnosa tepat mengenai kondisi istri bpk tentu membutuhkan data Dan keterangan lengkap. Saat ini sy tdk dapat memastikan apakah pendarahan yg subaraknoid atau tdk. Yang dibutuhkan saat ini adalah interaksi yang intens. Krn masalah yang muncul jika memang krn stroke subaraknoid adalah hilangnya attensi, koordinasi gerak Dan keseimbangan. Lakukan komunikasi terus menerus agar attensi dapat distimulasi sedini mungkin, walaupun mungkin tidak Ada respon. Terimakasih

  10. laudianto said

    ibu saya kena aneurisma otak, di icu 1 minggu dan meninggal

  11. infostroke said

    Kami turut berduka cita… Semoga anda diberi kesabaran.

  12. aditt said

    ayah saya terkena stroke hemoragik di otak sebelah kiri dengan pendarahan yang memenuhi ruang kosong otak,dilihat dari ctscan. Selama 40 hari kesadaran terus menurun dan tidak dapat berinteraksi dengan baik,bahkan makan harus dengan selang dikarenakan sering tersedak. Pertanyaan saya apakah ada obat untuk menyerap pendarahan otak tersebut,dikarenakan apabila dilakukan operasi, umur ayah saya sudah 66 tahun dan diperkirakan recoverynya belum optimal. Terima Kasih

  13. kipni said

    ayah sya terkena setruk , bisa di bilang setruk ini masih ringan , tp tangan kanan dan kiri lemas tak bertenaga , apa ayah sy bsa sembuh ?

  14. infostroke said

    @kipni : secara prinsip bahwa pemulihan gerak hanya bisa dilakukan dengan memberikan program latihan khusus, karena hanya dengan latihan dan gerak yang dapat memberikan pembelajaran kembali kepada otak yang mengalami disfungsi.
    perlu diperhatikan bahwa latihan yang diberikan tidak asal sebuah gerakan karena dapat membentuk pola gerak yang salah yang justru terbentuk diotak dan mempersulit perkembangan gerak selanjutnya. Sebaiknya mulai dari peningkatan kemampuan di sekitar
    trunk/postur, kemudian ke bahu terlebih dahulu. pada kondisi seperti ini, banyak pasien yang melakukan sendiri latihan dengan meluruskan jari-jari tangan dengan cara yang salah sehingga terjadi hipermobiliti sendi dijari yang justru memperberat keadaan.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: